Skip to main content

Tips Mengencangkan Payudara dan Cara Memilih Bra yang Cocok Untuk Payudara Kendur

Payudara menjadi salah satu asset berharga bagi setiap wanita. Untuk itulah tidak sedikit para wanita yang berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga dan merawat bagian tersebut. Saat ini payudara juga menjadi salah satu simbol kecantikan sekaligus mampu menarik perhatian lawan jenis. Payudara dengan bentuk yang besar, ideal, dan kencang tentunya mampu memberi nilai plus pada kecantikan sekaligus membuat para wanita merasa lebih percaya diri.

Ada banyak hal yang dapat berpengaruh terhadap keindahan bentuk payudara, salah satunya adalah dengan pemilihan bra. Para wanita wajib memilih bra yang tepat. Sebaliknya bra yang tidak sesuai dapat beresiko terhadap kerusakan payudara. Jika bra yang dipilih terlalu ketat, hal ini dapat menyebabkan payudara tertekan dan menghambat sirkulasi darah serta beresiko menyebabkan iritasi. Sementara itu, payudara yang terlalu longgar dapat menyebabkan payudara menjadi menggantung atau kendur karena bra tersebut kurang mampu menahan payudara. Jika Aanda memiliki payudara kendur, maka Anda harus memilih bra yang cocok untuk payudara kendur.

Penyebab Payudara Kendur

Payudara yang mengendur atau menggantung dialami oleh banyak wanita di dunia. Memang, ukuran dan bentuk payudara wanita terus mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Bentuk dan ukuran tersebut tergantung sepenuhnya pada kondisi iklim, faktor genetis, gaya, hidup, pola makan, dan aktivitas yang menyebabkan payudara mengendur. Berikut ini adalah penyebab payudara kendur.

  • Memakai Bra Terlalu Longgar

Payudara yang kendur biasanya disebabkan karena salah memilih bra. Mengenakan bra yang terlalu longgar membuat payudara tidak dapat ditopang dengan baik. Ketika bra tersebut tidak mampu menopang, maka kulit lah yang akan bekerja lebih keras untuk menahannya. Kulit tersebut semakin lama juga menua lebih cepat jika harus bekerja keras sehingga kehilangan elastisitasnya.

  • Usia yang Bertambah

Payudara kendur dapat disebabkan oleh faktor gravitasi. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang memasuki usia lanjut atau menuju masa menopause di mana ligament dan jaringan ikat yang berperan mengangkat payudara sudah mulai kehilangan kekuatan dan elastisitasnya.

  • Tidak Dirawat Saat Puber

Wanita muda yang mengalami payudara kendur biasanya disebabkan karena kurangnya perawatan dan perhatian saat usia puber. Jadi jaringan ikat yang bertugas memberikan tarikan ke atas pada payudara tidak bekerja dengan baik atau semakin lemah sehingga menyebabkan payudara menjadi melorot turun.

  • Perubahan Berat Badan

Dalam beberapa hal, wanita yang memiliki payudara besar lebih rentan mengalami payudara kendur ketika berat badan mereka turun atau saat usia bertambah, jaringan ikat untuk menopang payudara mulai mengendur sehingga digantikan oleh lemak.

  • Postur Tubuh yang Tidak Ideal

Mungkin Anda pernah mendengar mengenai dampak postur tubuh tidak ideal terhadap kesehatan tulang. Selain itu, postur tubuh yang tidak sesuai juga dapat berpengaruh terhadap bentuk payudara. Jika Anda terlalu banyak duduk, berjalan, atau berdiri dengan posisi bahu membungkuk, maka payudara pun menjadi mengendur. Hal ini disebabkan karena otot – otot yang ada di sekitar payudara lemas.

  • Kurang Olahraga

Kurang berolahraga dapat menjadi salah satu faktor penyebab payudara Anda mengendur. Alasannya otot – otot di sekitar dada lemas karena tidak pernah dilatih.

  • Olahraga Terlalu Keras

Kurang olahraga memang dapat menyebabkan payudara kendur. Tetapi olahraga yang berlebihan juga berdampak sama. Apalagi jika saat berolahraga Anda tidak memakai bra khusus untuk aktivitas fisik. Memakai bra yang tidak sesuai untuk olahraga seperti basket atau voli akan membuat payudara berayun – ayun dan beresiko merusak kolagen payudara. Kolagen itu sendiri merupakan jaringan atau serat – serat untuk menjaga kekencangan dan kekenyalan payudara.

  • Merokok

Ini adalah musum terbesar bagi payudara. Merokok ternyata dapat berpengaruh terhadap bentuk payudara dan membuatnya mengendur. Rokok mengandung zat berbahaya seperti nikotin yang dapat menghancurkan kolagen kulit. Rokok juga dapat mengganggu sirkulasi darah ke kulit sehingga payudara pun cepat mengendur dan mengalami proses penuaan dini.

Tips Agar Payudara Lebih Kencang

  • Menjaga Badan Selalu Tegak

Terlalu banyak bungkuk membuat payudara mengendur. Untuk itu, selalu jaga postur tubuh yang ideal baik saat berdiri maupun duduk. Berdirilah dan duduk dengan posisi punggung tegak untuk menarik otot – otot pada payudara agar lebih kencang. Untuk mengencangkan payudara yang disebabkan oleh postur tubuh yang tidak tepat, Anda juga dapat melakukan senam atau yoga.

  • Olahraga

Lakukan olahraga yang dapat mengencangkan otot – otot dada. Olahraga yang dapat mengencangkan payudara adalah push up dan angkat beban.

  • Memakai Bra Khusus Saat Olahraga

Saat melakukan aktivitas fisik atau olahraga, pakailah sport bra. Jenis bra ini mampu menopang payudara dengan baik sehingga tidak akan membuat payudara berayun dan melorot atau kendur.

  • Hindari Minuman Cafein dan Alkohol

Minuman yang mengandung cafein dan alkohol dapat menyebabkan  kerusakan kolagen pada payudara sehingga menjadi kendur. Untuk itu, pastikan untuk menghindari minuman beralkohol dan banyak mengandung cafein. Lebih baik Anda mengkonsumsi air putih yang lebih banyak.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan yang tidak stabil membuat kulit di area payudara ikut meregang mengikuti ukuran tubuh saat berat badan naik. Tetapi jika berat badan turun, kulit perlu beberapa waktu untuk mengencangkannya lagi. Jika berat badan Anda sudah bertambah lagi sebelum kulit kencang, maka kulit tersebut dapat menjadi kendur karena sering meregang. Untuk itu, pastikan untuk menjaga berat badan agar stabil dan tidak naik turun.

Jika payudara Anda mengendur, Anda perlu memilih bra yang cocok untuk payudara kendur. Bra yang sesuai akan membuat payudara kembali kencang dan terlihat penuh. Berikut ini adalah beberapa jenis bra yang dapat Anda gunakan.

  • Underwire Bra

Ini adalah jenis bra yang dilengkapi dengan kawat di bagian bawah. Jenis bra ini sangat cocok untuk membantu menopang payudara yang melorot atau kendur. Tetapi Anda perlu memastikan bahwa kawat yang digunakan pada bra tersebut aman dan tidak menyebabkan kulit Anda mengalami iritasi.

  • T-Shirt Bra

T-Shirt Bra atau seamless bra adalah jenis bra yang tidak memiliki sambungan. Jenis bra ini akan sangat membantu Anda untuk melatih bentuk payudara agar tetap kencang. Anda juga dapat menggunakan bra tersebut saat memakai tshirt ketat. Bra ini menggunakan busa yang lembut sehingga tidak akan terlihat saat memakai tshirt.

  • Sport Bra

Ini adalah jenis bra yang dirancang untuk berolahraga. Selain untuk olahraga, bra ini juga cocok dipakai untuk Anda yang memiliki payudara kendur karena mampu menopang dan menjaga payudara dengan baik sehingga dapat memperbaiki bentuk dan kekencangannya.

  • Padded Bra

Ini adalah jenis bra yang akan membuat payudara Anda terlihat lebih penuh dan berisi. Jenis bra tersebut sangat cocok untuk Anda yang memiliki payudara kecil dan kendur. Bra ini dapat membantu menopang payudara dengan baik sehingga terlihat lebih kencang dan besar.

error: Content is protected !!