Skip to main content

Kriteria Payudara Sehat dan Bagaimana Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat

Kriteria payudara sehat merupakan hal yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap wanita. Ya, kita semua tahu bahwa payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting bagi setiap wanita. Karena merupakan salah satu asset berharga dalam tubuh, semua wanita jelas menginginkan payudara yang senantiasa sehat dan indah. Ketika kondisi payudara sangat sehat, tentunya keindahannya pun akan terlihat optimal.

Sayangnya, gaya hidup yang tidak sehat, makanan yang mengandung banyak zat karsinogenik, radikal bebas dan berbagai faktor lainnya menjadikan banyak wanita mengalami gangguan kesehatan pada payudara mereka. Tidak hanya bentuknya yang tidak indah tapi juga penyakit mematikan yang sering kali menyerang asset wanita ini.

Salah satu penyakit yang paling ditakuti karena telah memakan banyak korban jiwa adalah kanker payudara. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita, meski sebagian kecil penderita merupakan laki – laki. Agar payudara Anda bisa selalu terlihat indah dan terbebas dari penyakit, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatannya. Anda harus menjaga gaya hidup yang sehat serta memahami bagaimana kriteria payudara sehat sehingga Anda bisa mencegah semakin parahnya penyakit ketika gejala awalnya sudah diketahui sejak dini.

Struktur Payudara pada Wanita

Struktur payudara pada wanita tentu saja berbeda dengan payudara pada tubuh laki – laki. Hal ini karena fungsinya yang juga jelas berbeda. Pada wanita, payudara yang menjadi salah satu daya tarik ini memiliki struktur yang lebih rumit. Payudara wanita terdiri dari jaringan ikat dan juga lemak. Selain itu, di dalam setiap payudara juga terdapat lobus, lobulus, saluran air susu, dan juga kelenjar betah bening. Jika payudara wanita bisa memproduksi ASI setelah mengalami kehamilan, hal itu karena adanya lobus sebagai bagian dari struktur payudara. Sedangkan lobulus merupakan bagian dari lobus. Sehatnya struktur payudara ini merupakan awal dari kriteria payudara sehat.

Terbentuknya jaringan payudara dimulai saat kehidupan janin saat awal kehamilan sang ibu, tepatnya di minggu ke empat. Jaringan ini kemudian berkembang bersama saluran susu yang berawal dari kedua ketiak. Jaringan ikat dan ligament di dalam payudara merupakan dua hal yang mennetukan berat payudara. Sedangkan ukuran payudara ditentukan oleh jumlah lemak yang ada di dalamnya. Selain itu, payudara juga terdiri dari banyak syaraf yang memberikan sensasi saat tersentuh. Payudara juga terdiri dari berbagai pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan darah untuk menyebaran oksigen dan nutrisi.

Di dalam payudara tidak terdapat jaringan otot. Jaringan otot hanya terdapat di bagian bawahnya untuk memisahkan payudara dari tulang rusuk. Terdapat 12 – 20 lobulus dan satu saluran air susu (duct) di dalam setiap payudara. Saluran air susu tersebut akan melebar di area sekitar puting untuk membentuk kantung ampula.

Ciri – Ciri Payudara Sehat

Adapun kriteria payudara sehat yang harus ada pada setiap wanita adalah sebagai berikut;

  1. Ketika diraba, jaringan yang terletak di bawah kulit payudara akan terasa lembut, tidak terasa sesuatu yang menonjol atau membentuk benjolan.

  2. Serat atau nodular yang ada pada payudara akan terasa saat bagian kulitnya diraba.

  3. Bagian puting pada payudara terasa lebih keras tetapi tetap halus dan simetris.

  4. Ukuran payudara sebelah kanan dan kiri simetris. Namun sebagian besar wanita memiliki ukuran payudara yang berbeda antara kanan dan kiri. Hal ini merupakan kondisi normal.

  5. Ketika disentuh, payudara tidak terasa nyeri atau sakit.

  6. Pada wanita yang belum pernah hamil dan menyusui, bentuk payudara lebih kenyal dan tidak merosot atau kendor.

  7. Payudara menghadap ke atas membentuk sudut antara 20-45 derajat.

  8. Warna pada bagian puting susu ditentukan oleh pigmen kulit yang tentunya berbeda pada setiap wanita. Pada mereka yang memiliki pigmen kulit lebih putih, warna puting terlihat lebih merah muda. Sedangkan mereka yang berpigmen lebih gelap, warna putting cenderung berwarna cokelat.

Jaringan pada payudara juga sangat ditentukan oleh fase kehidupan dan usia setiap wanita, termasuk siklus menstruasi. Selain itu, faktor eksternal seperti konsumsi obat –obatan tertentu terutama yang mempengaruhi hormon juga sangat menentukan kondisi jaringan pada payudara. Ketika Anda merasakan sebuah benjolan di sekitar payudara, Anda harus memperhatikan lebih dekat untuk mengetahui bentuk, ukuran, tekstur, warna dan apakah terasa sakit. Periksakan diri Anda ketika menemukan kondisi yang tidak normal, di luar kriteria payudara sehat atau kondisi berbeda dari biasanya pada payudara Anda.

One thought on “Kriteria Payudara Sehat dan Bagaimana Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!