Skip to main content

Tips Payudara Kencang Setelah Menyusui secara Alami

Tips payudara kencang setelah menyusui adalah hal yang paling dicari oleh sebagian besar ibu yang baru saja melahirkan. ASI adalah asupan terbaik untuk setiap bayi. Namun nyatanya hal itu dapat memberikan pengaruh pada payudara wanita yang menyusui. Setelah seorang ibu berhenti menyusui, kulit payudaranya bisa menjadi kendur atau bahkan melorot.

Tapi bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan untuk membuatnya kencang kembali.

Penyebab payudara melorot setelah menyusui

Berdasarkan pengamatan ahli bedah plastik yang sering memasngkan implan payudara pada wanita, perubahan pada payudara apalagi yang mengendur sebenarnya disebabkan oleh kehamilan, bukan karena menyusui itu sendiri. Ada beberapa alasan yang menjadi latar belakang utama kenapa payudara mengendur setelah menyusui.

  • Ketika kehamilan terjadi, ligamen yang mengikatkan dada pada otot dan memberikan penyangga ikut meregang ketika kulit meregang. Ketika ukuran meningkat, tubuh mulai mempersiapkan diri untuk menyusui.
  • Beberapa har pertama pasca melahirkan, payudara cenderung menjadi bengkak dan lebih berat karena terdapat produksi susu. Ukuran payudara akan kembali normal setelah dua minggu. Ukuran akan tetap seperti itu hingga ibu memutuskan untuk memisahkan bayi dari ASI.
  • Tidak hanya wanita menyusui, usia wanita adalah faktor lain yang menyebabkan kendurnya payudara. Elastisitas pada kulit ikut menurun ketika usia manusia bertambah dan hal itu tidak hanya terjadi pada payudara saja.
  • Alkohol nyatanya juga berkontribusia karena dapat melemahkan unsur seluler kulit. Dampaknya dapat dilihat pada payudara.

Bagaimana cara mengencangkan payudara setelah menyusui?

Apa pun yang Mama gunakan untuk menyangga payudara sangat menentukan bagaimana bentuk payudara nantinya. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih bra dengan penyangga yang baik dan dengan ukuran yang tepat terutama ketika menyusui. Penyangga berkawat sangat disarankan apalagi dengan tali yang lebih lebar agar mampu menyangga lebih baik.

Posisi menyusui juga berperan penting. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan posisi yang tepat ketika menyusui. Membungkuk ketika menyusui bukan postur yang baik. Akan lebih baik jika Mama meletakkan bantal atau penyangga yang lembut agar posisi bayi lebih tinggi sehingga sejajar dengan payudara. Karena pada dasarnya, memperbaiki postur dengan cara yang sederhana seperti ini dapat membantu menjaga payudara agar tetap kencang pasca menyusui.

Olahraga adalah hal yang penting ketika menyangkut tips payudara kencang setelah menyusui. Tentu saja Mama perlu berkonsultasi dengan dokter terkait kapan Mama bisa mulai berolahraga. Olahraga secara teratur dapat membantu membakar lemak yang tidak diperlukan tubuh, menstabilkan berat badan, dan membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Selain itu, olahraga akan membantu mengencangkan otot ketika menyusui dan setelah menyusui.

Olahraga ringan tetap terhitung sebagai olahraga. Jika Mama hanya sempat jalan cepat, berenang, atau mungkin yoga di rumah, lakukan saja. Karena sekecil apa pun itu, olahraga akan memberikan efek yang berarti.

Pijat ternyata juga membantu memperbaiki bentuk tubuh. Namun Mama bis menggunakan air panas dan air dingin untuk pijat. Air panas akan membantu meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. Sementara itu, air dingin akan bekerja mengencangkan kulit.

Sangat disarankan untuk selalu mengakhiri mandi dengan air dingin. Sebagai variasi, Mama bisa memijat payudara menggunakan handuk basah yang masih hangat. Atau menggunakan es batu dengan pijatan melingkar sekitar satu menit. Karena lebih dari satu menit akan membut mati rasa.

Menjaga kelembaban ternyata juga membantu menjaga kekencangan payudara. Mama bisa mengoleskan pelembab ke sekitar parudara sebanyak 2 kali sehari. Hal ini akan meningkatkan kemampuan kulit untuk menjadi eleastis, mengencangkan kulit, dan menghindari kemunculan garis stretsh mark ketika payudara mengendur.

Pola makan juga berperan ketika Mama ingin memiliki payudara yang kencang setelah menyusui. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna dan memperbanyak sayuran mau pun buah yang megandung antioksidan tinggi. Terkait kesehatan kulit, makanan yang kaya akan vitamin B dan E sangat disarankan.

Makanan yang mengandung lemak jenuh rendah akan membantu Mama mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanan itu bisa seperti daging, telur, dan produk olahan susu.

Silakan coba tips payudara kencang setelah menyusui.

One thought on “Tips Payudara Kencang Setelah Menyusui secara Alami”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

PUNYA PAYUDARA KENDUR DAN KECIL?...  Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!