Skip to main content

Ketahui Penyebab Payudara Kendur Setelah Menyusui

Penyebab payudara kendur setelah menyusui bisa dikarenakan perubahan hormon pada saat kehamilan. Bentuk payudara pada wanita bisa terus berubah dari masa ke masa. Terutama setelah melewati fase hamil, melahirkan dan menyusui, perubahan bentuk dan ukuran payudara akan sangat terasa sekali. Sebenarnya besar atau kecilnya ukuran payudara sangat dipengaruhi oleh jaringan lemak yang ada di dalam payudara. Ketika menyusui biasanya payudara ibu akan membesar hampir 2 kali lebih besar dari ukuran biasanya.

Hal ini dikarenakan saat menyusui, jaringan lemak akan memadat untuk produksi ASI sehingga ukuran payudara pun akan menjadi membesar. Memiliki payudara yang kendur terutama setelah selesai menyusui merupakan sesuatu hal yang cukup menganggu bagi wanita. Payudara yang kendur dan turun akan membuat tidak percaya diri karena penampilan yang terganggu. Oleh karena itu, biasanya para wanita biasanya akan melakukan berbagai cara untuk mengencangkan payudara agar payudara kembali terlihat indah dan menarik.

Penyebab payudara kendur setelah menyusui

Payudara sama sekali tidak memiliki otot melainkan hanya terdiri dari jaringan lemak. Payudara melekat pada otot dinding dada dengan menggunakan bantuan dari ligamen cooper (pita tipis). Karena bentuknya yang tipis, ligamen tidak bekerja begitu kencang untuk menahan beban. Hal ini yang membuat payudara ikut bergerak pada saat Anda berlari atau melompat. Pada masa kehamilan, ligamen akan meregang mengikuti bentuk payudara yang membesar. Payudara pun tumbuh menjadi semakin berat dan penuh karena payudara mempersiapkan ruang untuk produksi ASI. Warna puting pun akan berubah menjadi lebih gelap. Setelah melahirkan, payudara akan menjadi lebih berat karena aliran darah ke payudara akan meningkat untuk mendukung produksi ASI. Selain itu, payudara juga akan ikut membesar karena mempersiapkan ruang untuk menyimpan ASI yang telah diproduksi.

Pada saat masa menyusui selesai, maka payudara akan secara perlahan kembali ke bentuk semula. Jaringan penghasil ASI akan berubah menjadi jaringan lemak demi mengembalikan bentuk payudara. Masa transisi yang dibutuhkan sekitar 6 bulan sejak ibu pertama kali berhenti menyusui. Menyusui atau tidak menyusui, perubahan pada payudara akan tetap terjadi. Peregangan jaringan lemak inilah yang memungkinkan payudara berubah bentuk menjadi lebih kendur. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebenarnya payudara mengendur setelah menyusui adalah tidak benar. Payudara mengendur sebagai akibat karena adanya perubaha hormon pada saat hamil.

Penyebab lainnya

Ada beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan payudara menjadi kendur selain penyebab payudara kendur setelah menyusui. Salah satu contohnya adalah karena posisi tidur yang salah. Posisi tidur mungkin termasuk ke dalam salah satu hal yang sangat sepele. Namun perlu diketahui, posisi tidur yang salah juga dapat mempengaruhi bentuk payudara. Posisi tidur yang benar adalah berbaring dengan telentang. Pada saat tersebut payudara dapat tersangga dengan baik. Namun lain halnya jika tidur dalam posisi miring atau bahkan tengkurap. Pada posisi miring atau tengkurap, payudara tidak dapat tersangga dengan baik sehingga riskan menyebabkan payudara menjadi mengendur.

Pengunaan bra dengan ukuran yang kurang sesuai juga bisa menyebabkan payudara menjadi mengendur. Bra memang hanyalah pakaian dalam, namun bra memiliki fungsi yang penting. Menggunakan bra dengan ukuran yang terlalu kecil akan membuat payudara lecet karena mendapatkan tekanan dari bra. Namun sebaliknya penggunaan bra dengan ukuran yang terlalu besar melebihi ukuran payudara akan membuat payudara itu sendiri tidak tersangga dengan baik. Pada saat inilah payudara bisa semakin meregang dan berubah bentuk menjadi lebih kendur.

Kelebihan berat badan dan program diet yang kurang sesuai juga merupakan salah satu penyebab payudara menjadi mengendur. Pada saat seorang wanita megalami kegemukan, secara otomatis lemak yang ada di dalam tubuhnya menumpuk dalam jumlah yang banyak. Karena payudara terdiri dari jaringan lemak, maka secara otomatis jaringan lemak pada payudara pun akan meregang sehingga membuat payudara menjadi kendur. Cara diet yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Cara diet yang kurang sesuai dapat membuat payudara menjadi lebih kendur, keriput dan terlihat tidak menarik lagi. Demikian adalah penyebab mengendurnya payudara selain dari penyebab payudara kendur setelah menyusui.

2 thoughts on “Ketahui Penyebab Payudara Kendur Setelah Menyusui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

PUNYA PAYUDARA KENDUR DAN KECIL?...  Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!